cara disable klik kanan pada mouse

Selama melanglangbuana diblog-blog teman atau kawan…tentu anda pernah menjumpai ada blog atau situs yang mempungsikan security diblognya dengan mengunci atau men-disable fungsi mouse klik-kanan. Sehingga pengunjung yang usil atau berniat untuk mengcopy data-data pribadi anda tidak bisa melakukan copy-paste.
Biasanya pemilik situs atau blog itu sangat hati-hati untuk menjaga privacy blognya agar orang lain tidak bisa mengambil data-data yang ada disana.
Oke..tanpa ba-bi-bu…..langsung saja kita ke TKP…goooooo…… Pertama-tama anda langsung login ke account blogger anda, dan pilih blog mana yang akan di-disable-kan fungsi mouse sebelah kanannya. EDIT HTML – conteng Expand Template Widget – dan copy kode yang ada dibawah ini dan taruh atau letakkan sesudah kode <head> dan sebelum kode </head> ;

<script language=JavaScript>
<!--
//Matikan Klik Kanan

var message="";
/////////////////////////////////// function clickIE() {if (document.all) {(message);return false;}}
function clickNS(e) {if
(document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) { if (e.which==2||e.which==3) {(message);return false;}}}
if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS;}
else{document.onmouseup=clickNS;document.oncontextmenu=clickIE;}

document.oncontextmenu=new Function("return false")
// -->
</script>

Setelah itu anda coba buka blog anda dan coba dengan cara men-klik-kanan mouse pada bidang atau gambar yang akan anda copy. Kalau ternyata tidak bisa menfungsikan mouse pada klik-kanan, berarti Men-disable klik-kanan pada Blog sudah berhasil. Mudah-mudahan saja, cara ini bisa menjadi security blog anda kalau-kalau ada tangan jahil yang ingin meng-copy-paste isi dari blog kesayangan anda. Ok..mudahan bermanfaat…dan sukses blogger Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar